3 Minuman Segar Khas Bangka yang Wajib Dicicipi

Tahukah kamu bahwa Pangkalpinang yang saat ini merupakan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pernah ditunjuk secara de facto menjadi Ibu Kota Republik Indonesia? Untuk menyusuri sejarahnya, kamu wajib menginap di hotel di Pangkalpinang. Setelah itu, kamu bisa menyusuri buktinya pada prasasti di Taman Sari yang terletak di sisi utara Lapangan Merdeka. Tugu tersebut berisi Prasasti Surat Kuasa Kembalinya Republik Indonesia ke Yogyakarta.

Selain kaya akan sejarah, Pangkalpinang juga punya minuman khas Bangka yang dapat memanjakan lidahmu saat berkunjung ke kota tersebut. Untuk mengetahui jenis-jenis minumannya, yuk simak ulasan berikut.

  1. Es Kacang Merah. Jika biasanya kacang merah dibuat untuk sayur atau bubur, di sana kamu akan menemukan es berbahan dasar kacang merah. Supaya kacang merah terasa lembut dan gurih, kacang merah direbus terlebih dahulu. Biasanya, sajian es kacang merah dicampur dengan tape dan nangka. Kemudian, es yang sudah diserut ditambahkan susu kental manis di atasnya supaya menambah kelezatan. Dengan harga yang relatif murah, kamu dapat menyegarkan badanmu kembali setelah meminum es yang lezat ini. Sebab, kacang merah mengandung protein dan zat besi yang baik untuk meningkatkan energimu.
  2. Tew Fu Sui. Tew fu sui atau yang sering disebut dengan fu sui oleh masyarakat setempat merupakan minuman tradisional yang biasanya dibuat oleh orang Tionghoa. Minuman ini berbahan dasar kacang kedelai murni yang dibuat dengan berbagai varian rasa buah. Minuman ini sangat populer di wilayah Kota Pangkalpinang. Kamu dapat menemukan minuman ini dengan mudah di sekitar Alun-Alun Kota Pangkalpinang pada pagi dan malam hari. Biasanya, aktivitas meminum Fu sui ini disebut dengan istilah “Musoi”. Fu sui akan terasa lebih nikmat jika diminum bersama teman atau beramai-ramai.
  3. Es jeruk kunci. Minuman yang dibuat dari perasan jeruk kunci dan gula ini sangat pas untuk melepaskan dahaga di siang hari. Jeruk kunci sekilas mirip dengan jeruk limau. Perbedaannya hanya jeruk kunci tidak punya kerutan di kulitnya, rasanya sangat masam, namun menyegarkan. Selain untuk minuman, jeruk kunci biasanya dibuat sebagai campuran sambal dan sering juga dijadikan sebagai bahan sirup. Jeruk kunci dikenal juga sebagai jeruk cina atau limau calong. Untuk membuat satu gelas es jeruk kunci, diperlukan dua atau tiga buah jeruk. Peras, kemudian tambahkan sekitar dua atau tiga sendok gula. Setelah itu, tambahkan es batu untuk menambah kesegaran. Kamu dapat menambahkan kiamboy (asinan kering buah plum) untuk menambahkan kelezatan. Saat cuaca sedang dingin, kamu juga dapat membuatnya dengan menggunakan air hangat untuk menghangatkan tubuhmu.

Mencicipi minuman di setiap daerah yang kamu kunjungi memang menjadi suatu keharusan untuk mengenal karakteristik daerah tersebut. Jangan lupa untuk menginap di hotel seperti pada tautan berikut https://www.foxhotels.com/en-US/FOXHarrisPangkalPinangBangka. Kemudian, jelajahi setiap sudut kota sambil menikmati kekhasan minuman yang tersedia. Semoga liburanmu semakin mengesankan, ya!

 

 

Leave a Comment