4 Fakta Film ‘Milea: Suara dari Dilan’, Tayang Serempak di Bioskop Mulai Hari Ini

Sukses dengan dua film sebelumnya, kini film trilogi Dilan bakal berakhir. Film yang diperankan Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan ini disutradarai oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq. Trilogi film Dilan ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Pidi Baiq.

"Cerita 90 kalau bisa dirangkum itu, ceritanya pertama kali Dilan kenalan sampai ujungnya jadian. Point of view di film pertama itu dari Milea yang menceritakan Dilan," kata Iqbal yang dilansir dari kanal YouTube Taulany TV. "Film kedua, lanjutan film pertama tadi. Ketika udah pacaran dan jadian sampai akhirnya tidak berujung bersama. Sebenarnya agak digantung, cuman disitu diceritakan point of view nya Milea" lanjutnya. Ia juga menyatakan bahwa di film ketiga ini semuanya narasinya dari Dilan.

"Di film Milea ini narasinya itu dari Dilan, jadi Dilan menceritakan point of view dia dari film pertama dan kedua," ungkap Iqbal. Vanesha pun juga menambahkan bahwasanya perbedaan film ini terletak dari sudut pandangnya. "Ini bedanya menceritakan Dilannya, jadi Dilannya bercerita tentang kisahnya Milea dan Dilan dari awal. Tapi fokus ke Dilan dan geng motornya.," kata Vanesha.

Poster romantis Dilan dan Milea ini rupanya menjadi kode sendiri dari Produser Max Pictures, Ody Mulya, dan sutradara Fajar Bustomi. "Mengenai poster, saya terinspirasi, mungkin fans Dilan tidak mau lepas dari Dilan dan Milea. Jadi, saya coba mewakili (perasaan penggemar)," kata Ody dalam jumpa pers launching trailer dan poster Milea: Suara dari Dilan, di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019) yang dikutip dari Kompas.com. Dilan selalu bahagia saat bersama Milea, namun teman teman geng motor Dilan merasa dirinya makin menjauh dari kelompoknya karena Milea.

Hingga terjadilah peristiwa mengerikan, salah satu anggota mereka, Akew, meninggal akibat dikeroyok oleh sekelompok orang. Peristiwa itu membuat Milea khawatir akan keselamatan Dilan. Milea membuat keputusan untuk berpisah dengan Dilan sebagai peringatan agar Dilan menjauh dari geng motor.

Di sisi lain peristiwa Akew harus menyeret Dilan ke pihak berwajib bersama teman temannya. Perpisahan yang tadinya hanya gertakan Milea menjadi perpisahan yang berlangsung lama sampai mereka lulus kuliah dan dewasa. Mereka berdua masih membawa perasaan yang sama saat mereka kembali bertemu di sebuah reuni, namun masing masing saat itu sudah memiliki pasangan.

A. Dilan minta doa restu ke ibunya Pemeran Dilan ini meminta restu sang ibundanya untuk mendekati wanita yang diincarnya. "Bacain Al Fatihah. Besok mau deketin cewek, doain," ungkap Dilan kepada Ira Wibowo sebagai pemeran ibu dalam film Milea.

Bahkan ibunya menjawab bahwasanya doa seorang ibu tak main main. "Doa ibu tidak sembarang," kata sang ibu. "Pakai doa ibu segala, kayak tulisan di truk," celetuk Disa yang diperankan Adhisty Zara, adik Dilan.

B. Membawa perjuangan para pahlawan Dilan pun mengungkapkan bahwasanya jika negara ini masih dijajah maka ia tak akan bertemu dengan Milea. Sehingga pertemuan mereka pun berkat adanya perjuangan para pahlawan.

"Kita harus berterima kasih pada para pahlawan. Coba bayangin kalau hari ini kita masih dijajah, aku enggak akan ketemu sama kamu dek, karena sibuk gerilya di hutan," kata Dilan. "Kan aku bisa nyusul," jawab Milea. "Naik?" tanya Dilan.

"Naik kamu," kata Milea sembari tersenyum. C. Singgung mengenai ciuman Ketika Dilan dan Milea sedang berada di ruang tamu, Dilan melontarkan pernyataan yang membuat Milea salah tingkah untuk menjawabnya.

"Sun (cium) dulu," kata Dilan. Terlihat bingung, Milea bertanya tanya maksud dari Dilan. "Di sini?" jawab Milea dengan ekspresi kebingungan.

"Enggak. Pakai pikiran," kata Dilan yang diikuti Milea dengan menutup kedua matanya. D. Dipertemukan kembali setelah berpisah Terlihat dari trailer bahwa film ini juga syuting di kota Yogyakarta dan terdengar suara narasi dari Dilan.

"Aku ingat. Aku pernah bilang jika ada yang menyakitinya maka orang itu harus hilang, jika orang itu adalah aku, maka aku pun harus hilang," kata Dilan. Dilan dan Milea lantas bertemu kembali pada acara reuni angkatan 1991 1992 dan saat itu pula keduanya kembali berkenalan. Salah satu teman mereka menanyakan kenapa mereka harus kembali berkenalan.

Namun, Dilan menjawab sembari tersenyum "takut lupa." Selain Vanesha dan Iqbaal, film ini juga dibintangi oleh Ira Wibowo, Farhan, Adhisty Zahra, Gusti Rayhan, Yuriko Angeline, Zulfa Maharani, Debo Andryos, juga pemeran Dilan kecil, Bima Azriel.

Leave a Comment