Demi Kalahkan Marcus/Kevin, Ganda Putra Malaysia Diminta Adopsi Cara Jawara All England 2020

Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik tercatat masih memiliki rekor buruk setiap berjumpa dengan wakil Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Pasangan Aaron/Soh belum mampu meraih satu kali kemenangan pun dalam tujuh pertandingan terakhir melawan Marcus/Kevin. Catatan tersebut tentu perlu dievaluasi oleh sang pemain maupun pelatih agar bisa mengakhiri rentetan rekor buruk tersebut.

Menyikapi situasi tersebut, Tan Boon Heong yang menjadi mantan ganda putra terbaik dunia asal Malaysia memberikan trik jitu untuk mengalahkan Minnions. Tan Boon Heong yang dulu sempat bermain bersama Koo Kien Keat meminta agar penerusnya tersebut bisa mencontoh cara yang dilakukan wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Juara All England 2011 tersebut menganggap cara bermain Endo/Yuta yang mengandalkan pertahanan kuat terbukti manjur setiap bersua Marcus/Kevin.

"Anda harus bekerja pada pertahanan anda, jika anda dapat menahan serangan mereka, maka anda mungkin memiliki peluang," ujar Tan Boon Heong seperti dikutip dari . "Pasangan Marcus/Gideon terlalu cepat di lapangan depan, jadi rencana permainan dengan serangan balik mungkin menjadi salah satu pilihan terbaik," tambahnya. Disisi lain, Aaron Chia mengakui fakta bahwa cara jitu yang ditampilkan Endo/Yuta bisa ia ikuti demi mengalahkan Marcus/Gideon.

"Kami mungkin harus belajar satu atau dua hal dari Endo/Yuta jika kami ingin mengalahkan Marcus/Kevin," ujar Aaron Chia. "Saya telah mengamati bagaimana Endo/Yuta bermain mengalahkan mereka," tambahnya. "Kecakapan pertahanan mereka yang memberi mereka keunggulan, sangat sulit untuk mematahkan pertahanan mereka," tukas Aaron Chia.

Selain pertahanan yang luar biasa, permainan kesabaran yang ditunjukkan Endo/Yuta juga patut diacungi jempol. Karena atas hal itulah, mereka bisa menghentikan laju pasangan Marcus/Kevin setiap kali bertanding satu sama lain. "Mereka juga memiliki kesabaran yang luar biasa, mereka bisa begitu tenang bahkan pada saat saat penting," ungkap Aaron Chia.

"Meskipun gaya permainan kami berbeda, kami selalu dapat memasukkan beberapa poin bagus mereka ke dalam permaianan kami," tutupnya. Salah satu bukti keberhasilan cara bermain Endo/Yuta yang akhirnya bisa mengalahkan Minions terjadi pada momen final All England 2020. Kala itu, pasangan Endo/Yuta berhasil mengalahkan Marcus/Gideon lewat permainan bertahan menawannya di partai puncak.

Hingga pada akhirnya, pasangan Endo/Yuta berhasil menyegel gelar perdana juara All England 2020. Pasangan Chia/Soh akan ditangani oleh pelatih baru yakni Flandy Limpele untuk bisa menemukan resep jitu mengalahkan ganda putra Indonesia, termasuk pasangan Marcus/Kevin.

Leave a Comment