Mau Buka Bisnis Bareng Teman Kuliah? Bicarakan Dulu 3 Hal Ini

S1 Manajemen Bisnis

Saat kuliah tentu kita punya kesempatan lebih untuk memiliki banyak teman, ada yang hanya hanya sebagai teman kampus, tetapi ada juga yang menjadi teman dekat sehingga membentuk sebuah circle. Tentunya dalam memilih lingkaran pertemanan harus yang positif agar bisa terus mengembangkan diri. Biasanya di sekolah bisnis manajemen akan banyak mahasiswa yang kemungkinan besar tertarik dengan bisnis, sehingga sangat memungkinkan merintis usaha bersama mereka. Tetapi, tetap saja harus cari teman yang memiliki satu tujuan serta visi yang sama ketika memutuskan buka usaha bersama. Bagi yang punya rencana berbisnis dengan teman, sebaiknya pertimbangkan dulu 3 hal di bawah ini.

 

Kemungkinan buruk beserta solusinya

 

Biasanya anak muda yang baru memulai bisnis tentunya memiliki harapan yang besar, tetapi lupa bahwa bisa saja dalam sebuah bisnis terjadi hal yang buruk seperti bisnis tidak berjalan dan hal lainnya. Hal ini harus dibicarakan dengan serius agar bisa menghasilkan sebuah solusi yang terbaik. Salah satu yang sering terjadi yaitu ketika bisnis membutuhkan modal untuk agar bisa produksi lebih banyak, karena adanya permintaan pasar yang meningkat dan rekan bisnis tidak setuju terhadap rencana tersebut. Dalam bisnis wajar jika terjadi perbedaan, tapi hal terpenting yaitu mencari solusi bersama-sama.

 

Terbuka tentang prinsip hidup

 

Prinsip setiap orang bisa saja berbeda dan tidak bisa disamakan semuanya sekalipun keduanya adalah pebisnis. Mengenai prinsip, tentu harus didiskusikan dengan rekan bisnis agar bisa saling mengerti satu sama lain jika memang terjadi perbedaan prinsip. Jika masalah prinsip tidak bisa diselesaikan, maka kemungkinan besar akan bisa menghambat perkembangan laju bisnis.

 

Ketahui peran masing-masing

 

Sekalipun keduanya adalah pemilik bisnis, bukan berarti harus memiliki peran yang sama. Untuk membuat bisnis lebih efektif, maka ada baiknya membagi peran sesuai keperluan bisnis sehingga setiap orang mempunyai rasa tanggung jawab terhadap bisnis yang dijalani.

 

Bicarakan langsung dengan rekan bisnis tentang 3 hal di atas, seperti yang dijalani oleh mahasiswa S1 Manajemen Bisnis di Universitas Prasetiya Mulya. Di kampus yang dikenal baik dengan bisnisnya ini akan menjadi lingkungan yang tepat untuk belajar banyak hal tentang bisnis. Setiap mahasiswa akan diberikan teori lengkap dan bimbingan praktek langsung, beserta fasilitas pendukung untuk belajar menjalankan bisnis nyata.

 

 

 

Leave a Comment